Rabu, 26 September 2012

EKSOTISME PANTAI KARTINI JEPARA


Jepara merupakan kota yang terletak di ujung utara pulau jawa. Praktis kota ini berbatasan langsung dengan pantai utara jawa sehingga wisata pantai menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi kota yang terkenal dengan sebutan kota ukir ini. Sebut saja Pantai Kartini yang berada di Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia yang terletak kurang lebih 2 km sebelah barat kantor Pemda Kabupaten Jepara.

Tidaklah sulit bagi wisatawan yang hendak menuju lokasi obyek wisata Pantai Kartini. Hal ini karena hanya terdapat satu jalur utama dari Pati, Kudus, mapun Demak untuk sampai di kota Jepara, sehingga seandainya nyasar pun akan bertemu lagi dengan jalur-jalur tersebut. Wisatawan juga dapat memulai perjalanan dari Terminal Jepara dengan menggunakan angkutan umum seperti bus dan angkutan kota. 



Untuk dapat masuk ke obyek wisata Pantai Kartini, setiap wisatawan dipungut biaya sebesar Rp. 10.000,-. Biaya yang murah bila dibandingkan dengan pemandangan pantai yang tergolong mewah.

Pantai yang juga disebut sebagai Kleine Scheveningan oleh mendiang Ibu Kartini ini memiliki ombak yang tenang serta berpasir putih. Pantainya bersih, kualitas airnya jernih, dan memiliki terumbu karang yang cantik. Sepanjang pantai terdapat beton pencegah abrasi, namun wisatawan tetap dapat bermain pasir walau hanya sedikit spot pantai yang bisa dijadikan tempat bermain pasir. Selain itu, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, sepak bola, dan jalan-jalan. Sekedar duduk pun merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk melepas lelah dan kepenatan, apalagi bagi mereka yang sehari-harinya disibukkan dengan berbagai pekerjaan sambil menghirup udara segar bersama terpaan angin laut.

Semilir angin khas daerah pantai serta suasana yang sejuk akan memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan, sehingga tempat ini cocok sebagai salah satu tempat tujuan rekreasi yang layak diperhitungkan untuk liburan keluarga.

Di tempat ini pula wisatawan akan dimanjakan oleh deretan toko souvenir kerajinan yang laut yang dapat dijadikan buah tangan para wisatawan. Harganya yang terjangkau dijamin tidak terlalu menguras uang di kantong.



Salah satu yang menjadi ikon di area wisata pantai ini adalah bangunan dunia hayati (sea world) yang memiliki arsitektur unik dan menarik. Keunikan itu terlihat pada bentuk bangunannya yang menyerupai kura-kura raksasa, maka tak heran jika kemudian dikenal dengan Kura-kura Ocean Park.

Kura-kura Ocean Park seperti aquarium raksasa yang dibangun dengan gaya aksitektur elegant menyerupai kura-kura. Aquarium raksasa ini mempunyai dua lantai. Di lantai bawah pengunjung dapat melihat aneka jenis ikan laut yang  berada di Kabupaten Jepara, kerang laut, gurita, penyu, dan berbagai macam jenis terumbu karang. Sedangkan lantai dua yang berada di bagian kepala kura-kura berfungsi sebagai tempat pemutaran film. Selain itu, diarea ini juga dilengkapi dengan sarana bermain anak-anak seperti seluncur air.


Setelah puas menikmati keindahan Pantai Kartini dan dunia hayatinya, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan wisata ke Pulau Panjang yang berjarak sekitar 2 mil dari bibir pantai. Pulau yang memiliki luas kurang lebih 5 hektar ini, mempunyai panorama alam yang indah, lingkungan yang bersih dan segar. Pulau ini bisa dijangkau dengan menggunakan perahu kecil yang bisa disewa dengan harga 50 ribu-70 ribu per perahu dengan kapasitas sebanyak 15 orang per perahu.

Di pulau ini, wisatawan akan disambut dengan flora dan fauna yang langka diantaranya burung blekok di setiap pohon yang tentunya dilindungi oleh pemerintah kabupaten Jepara. Dilengkapi dengan jalan setapak yang bisa digunakan wisatawan untuk sekedar berkeliling melihat pohon-pohon liar. Bagi yang suka camping, pulau ini patut untuk dicoba. 

Satu lagi yang hampir lupa adalah terdapat sebuah ritual tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah hari raya Idul Fitri oleh nelayan sekitar Pantai Kartini. Ritual tersebut dikenal dengan nama lomban, yaitu melarungkan kepala kerbau dan sesaji lainnya ke tengah laut. Setelah dilarung, sesaji kemudian diperebutkan oleh para nelayan karena diyakini dapat membawa berkah bagi yang mendapatkannya. Tradisi tersebut merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan berupa hasil tangkapan ikan dan keselamatan sewaktu melaut. Di waktu inilah, wisatawan membludak, baik yang berasal dari Jepara, maupun luar Jepara, bahkan beberapa wisatawan berasal dari manca negara ikut menyaksikan ritual ini.

Masalah penginapan, wisatawan tidak perlu was was, karena di Jepara terdapat penginapan dari kelas homestay hingga hotel bintang 3. Apalagi Jepara terbilang kota kecil, sehingga dengan stay di pusat kota pun wisatawan bisa menjangkau banyak spot di Jepara.


Penasaran dengan Pantai Kartini? Langsung saja berkunjung ke kota yang terkenal dengan kota Ukir ini, karena barangkali sebuah tulisan tidak akan mampu merepresentasikan sesuatu secara keseluruhan, tak terkecuali tulisan ini. Akhirnya, saya hanya ingin mengucapkan kepada Anda, welcome to Pantai Kartini Jepara. Selamat menjelajahi eksotisme Kura-kura Ocean Park, Pulau Panjang, dan tentu saja wahana-wahana lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar